Minggu, 15 Februari 2015

PRESTASI

Dari beberapa postingan aku dapatdikatakan bahwa Indonesia butuh orang-orang bertalenta dan inspiratif. Indonesia butuh orang-orang dengan prestasi  yang bisa dibanggakan bukan sensasi yang kerap diumbar. Prestasi akan selalu dikenang dengan bangga dan senyuman para penilainya. Tetapi, berbeda dengan sensasi yang akan dinilai dengan sebelah mata . Mereka mungkin menempuh cara cepat untuk kepopularitasan mereka. Namun semua itu ada waktunya , seperti halnya prestasi yang bisa mengharumkan namanya begitu lama, Sensasi juga memiliki waktu, namun singkat. Berbicara masalah Prestati dan sensasi , aku akan bahas apa sih prestasi dan apa sih sensasi itu?

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha.Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Dari pengertian prestasi tersebut, maka pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapai situasi segala aspek kehidupan.  Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu, dibutuhkan kerja keras.

Sikap yang mendukung seseorang dalam brepestasi diantaranya:
a. Berorientasi pada masa depan dan cita-cita
b. Berani mengambil atau menghadapi resiko
d. Rasa tanggung jawab yang besar 
e. Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik
f. Memiliki sikap kreatif, dan inovatif, serta mampu memanajemen waktu dengan baik.
Setiap orang mutlaknya berperilaku dalam menghasilkan sesuatu.  Namun prestasi atau keberhasilan yang diraih tak luput dari bantuan orang lain.Misalnya bantuan spiritual, material, maupun bantuan yang lain. Dalam proses mencapai keberhasilan, setiap orang akan menghadapi tantangan, diantaranya:
a. Berasal dari diri-sendiri
Tantangan dari diri-sendiri adalah bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual,minat,motivasi kebiasaan. emosi, kesehatan dan pengalaman pribadi.
b. Berasal dari lingkungan
Tantangan dari lingkungan berupa tantangan dari keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana, fasilitas, gizi, dan tempat tinggal.
Apa sih arti penting dari prestasi itu sendiri?
Prestasi dapat digunakan untuk meningkatkan potensi diri. Berikut ini adalah arti pentingnya prestasi:
1. Prestasi merupakan wujud nyata kualitas dan kuantitas yang diperoleh seseorang atas usaha yang diperoleh. 
2. Prestasi merupakan pengalaman yang dialami seseorang dan bisa menjadi pelajaran berharga untuk masa depan.
3. Prestasi merupakan kebanggaan bagi diri-sendiri, keluarga, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara. 
4. Prestasi digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara. 
Oke, untuk sensasi kita bahas dilain tempat ya.. terimakasih sudah mampir:D


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar